Sudah banyak orang tahu bahwa merokok membawa dampak buruk bagi kesehatan seperti emfisema atau hancurnya kantung udara di paru – paru, radang sendi, dan kanker. Tapi, salah satu bahaya merokok yang mungkin belum pernah Anda ketahui yaitu gangguan pendengaran.

Dilansir dari Natural News, Rabu (11/4/2018), sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Oxford University Press menunjukkan merokok menjadi salah satu faktor risiko gangguan pendengaran. Penelitian dilakukan pada lebih dari 50.000 partisipan selama delapan tahun.

Cara unik berhenti merokok

Usaha untuk berhenti merokok memang menjadi hal tersulit yang dilakukan oleh para perokok aktif. Namun, bukan berarti hal tersebut mustahil untuk dilakukan. Berikut ada beberapa trik menarik berhenti merokok yang dapat Anda coba.

1. Tentukan tenggat waktu

Meski berhenti merokok sulit dilakukan, namun bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Anda dapat membuat kontrak berhenti merokok yang telah disepakati. Minta orang sekitar Anda, seperti keluarga atau teman sebagai saksi. Selain itu, Anda juga dapat menyertakan alasan berhenti merokok pada kotrak tersebut.

2. Menikmati camilan sehat

Salah satu hal yang dapat menggantikan rokok adalah camilan sehat, seperti biji bunga matahari, kacang, wortel, dan batang seledri. Mengonsumsi makanan – makanan seperti itu akan membuat mulut dan tangan Anda sibuk seperti sedang merokok.

3. Buat daftar hal yang Anda sukai dan tidak dari merokok

Direktur Pusat Penelitian Psikiatri Klinis di Pusat Medis Universitas George Washington, Daniel Z. Liberman menyarankan cara menarik untuk berhenti merokok, yaitu dengan menuliskan alasan Anda dan orang sekitar tentang suka tidaknya dari perilaku merokok. Jika banyak hal yang tidak disukai dari merokok lebih banyak, maka hal ini dapat menjadi alasan kuat bagi Anda untuk berhenti merokok.



Sumber: https://www.liputan6.com


Artikel Pilihan Lainnya


Cara Memilih Obat Kanker Yang Aman

Tips / Memilih Obat Kanker

Jenis Kanker yang Paling Menyakitkan dan Cara Pengobatannya

Artikel / Jenis Kanker / Pengobatan Kanker

Disclaimer

Disclaimer

Mengetahui Penyakit Kanker Mata dan Pengobatannya

Artikel / Penyakit Kanker Mata / Pengobatan Kanker