Banyak wanita yang masih belum sadar akan bahaya kanker otak, meski hanya mendengarkannya saja sudah merasa ngeri. Kanker otak bisa dibedakan menjadi dua kategori, yaitu tumor primer dan tumor sekunder.

Seperti diungkapkan Adilia Hormigo, MD, Ph. D., profesor neurologi, kedokteran dan bedah saraf dalam Women's Health, tumor primer menyerang dimulai dari otak dan jarang menyebar, sedangkan tumor sekunder dimulai dari bagian lain tubuh (biasanya paru-paru atau payudara) kemudian menyebar ke otak. Kedua-duanya sama-sama berbahaya dan mematikan.

Berikut adalah gejala kanker otak yang perlu diketahui:

1. Sakit kepala parah

Ini bukanlah gejala yang mengejutkan, karena pertumbuhan sel tumor berada di otak dan berpotensi berkembang menjadi kanker. Sakit kepala yang parah dan tidak tertahankan, kemungkinan besar akan terjadi berkali – kali dan dalam waktu lama. Seringkali diikuti dengan mual dan muntah.

2. Kejang

Ketika Anda jatuh dan mengalami kejang, berarti ada sesuatu di dalam otak yang tidak beres. Umumnya, sel tumor yang berpotensi menjadi kanker akan menekan sel otak dan akan menyebabkan aliran listrik yang menyebabkan kejang.

3. Mual dan muntah tak terkendali

Akibat rasa pusing dan sakit kepala, kemungkinan besar Anda akan mual dan muntah – muntah tidak terkendali dan parah. Jika Anda merasa tidak dalam keadaan sakit atau lelah kemudian tiba tiba muntah – muntah parah, apalagi jika usia 40 tahun ke atas, segera periksakan ke dokter.

4. Masalah penglihatan

Dengan sel tumor di otak, kemungkinan besar saraf mata di dalam otak juga akan terganggu dan mengalami tekanan sehingga mengalami masalah penglihatan seperti kabur, penglihatan double, dan bahkan buta.

5. Kehilangan kendali otot dan ceroboh

Salah satu fungsi otak adalah mengendalikan gerakan dan kekuatan tangan serta seluruh badan, dan ada kalanya Anda jadi mati rasa dan kehilangan kendali, entah menjatuhkan gelas yang Anda pegang, atau kaki yang tiba – tiba terbentur padahal Anda tahu di depan ada meja dan berniat menghindarinya.

6. Bingung dan pikiran kabur

Ketika Anda terlalu lelah, kurang tidur, kadar gula darah turun dan banyak kegiatan, ada kalanya Anda menjadi tidak fokus dan bingung. Tapi, jika Anda tidak mengalami hal tersebut dan mengalami kebingungan, mudah lupa dan pikiran kabur, segera periksakan.

7. Perubahan mood

Suasana hati bisa berubah – ubah karena kondisi otak yang tidak terkendali dan sakit. Ini karena otak bagian depan yang disebut frontal lobe, yang berfungsi mengendalikan kepribadian dan emosi mengalami gangguan dan mengubah Anda menjadi orang lain, entah secara sikap atau sifat.

Nah, itu tadi adalah gejala – gejala kanker otak yang perlu Anda ketahui mulai sekarang. Karena tidak ada yang menduga kapan penyakit itu akan datang. Jadi, lebih baik Anda mencegahnya sebelum gejala – gejala itu menghampiri Anda.


Sumber : https://www.vemale.com

Artikel Pilihan Lainnya


Mengetahui Penyakit Kanker Mata dan Pengobatannya

Artikel / Penyakit Kanker Mata / Pengobatan Kanker

Tips Mencegah Kanker Kulit

Tips / Mencegah Kanker Kulit

Makanan Sehat Pencegah Risiko Kanker Payudara

Makanan Sehat / Pencegah Kanker Payudara

Cara Memilih Obat Kanker Yang Aman

Tips / Memilih Obat Kanker

Hobi Makan Daging, Beresiko Kanker

Konsumsi Daging / Risiko Kanker